Karang Gigi Pengertian dan Penyebab

Karang Gigi Pengertian dan Penyebab



Karang gigi? apa sih karang gigi itu? pernah dengar orang menyebutkan arti karang gigi, namun belum ngerti berarti? Karang gigi yaitu kotoran dalam mulut yang melekat pada gigi dalam periode waktu lama, hingga lama lama bakal mengeras serta membatu hingga bakal susah untuk dibikin bersih bila cuma dengan menggosok-gosok gigi. atau dalam artian lain, karang gigi yaitu himpunan plak yang termineralisasi yang sangatlah lengket diatas e-mail gigi. berdasar pada tempat karang gigi ada di dua tempat, yakni di supragingiva atau permukaan gigi diatas gusi serta di subgingiva atau permukaan gigi dibawah gusi. Tempat paling utama timbulnya karang gigi pada daerah yang susah dibikin bersih.

Pemicu karang gigi
kotoran pada gigi atau plak terbentuk disebabkan kesibukan bakteri yang merubah bekas gula diatas permukaan e-mail gigi. Plak sangatlah susah dibikin bersih, tetapi bila dilewatkan menumpuk bisa menyebabkan masalah kesehatan mulut yang lain, Mengakibatkan bisa mengakibatkan beragam penyakit gusi, seperti radang gusi (gingivitis) yang ditandai dengan gusi terlihat kemerahan, agak membengkak, serta kerap berdarah waktu menggosok-gosok gigi.

Hal semacam ini bisa berlanjut jadi radang jaringan penyangga gigi yang lain (periodontitis) apabila tak selekasnya dirawat. Apabila telah step ini bisa menyebabkan gigi goyang lantaran jaringan penyangga gigi telah rusak
karang gigi
Cara menyingkirkan atau bersihkan karang gigi

Nampak karang gigi memanglah kadang-kadang tak kita sadari. bila ada sudah mengerti timbulnya karang gigi pada gigi anda baiknya anda selekasnya bertindak untuk selekasnya menyingkirkan karang gigi itu, supaya tak menyebabkan masalah mulut yang lain. Karang gigi tidak bisa hilang apabila cuma dengan menggosok-gosok gigi atau berkumur dengan obat kumur. Untuk bersihkan karang gigi tak disarankan untuk bersihkan sendiri, lantaran dikawatirkan bakal jadi parah situasi gigi anda. Pembersihan karang gigi membutuhkan pertolongan dokter atau perawat gigi. Bila dikerjakan lewat cara yang baik serta benar, pembersihan karang akan tidak mengakibatkan kerusakan gigi. Yang sering berlangsung yaitu gigi jadi ngilu lantaran sisi – sisi leher gigi yang semula tertutup karang jadi terbuka. Gusi juga mungkin saja sedikit berdarah lantaran pinggir gusi yang tertutup karang memanglah lebih peka, namun pendarahan bakal berhenti sesudah karang gigi dibikin bersih.
Cara Menghindar Karang Gigi

karang gigi dapat juga dijegah supaya tak nampak pada gigi anda, berikut ini sebagian langkah untuk menghindar karang gigi
1. Jagalah kebersihan mulut lewat cara menyikat gigi 2 x satu hari, bisa menghindar pembentukan plak pada permukaan e-mail gigi.
2. Bersihkan sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi dengan memakai benang gigi (dental floss) atau sikat interdental
3. Perbanyaklah minum air putih
4. Kurangi mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula serta tepung.
5. Kerjakan kontrol gigi dengan cara berkala, 6 bln. sekali.

Semoga artikel tentang karang gigi diatas bisa berguna,

0 Response to "Karang Gigi Pengertian dan Penyebab"

Posting Komentar

wdcfawqafwef