Efek samping dan bahaya lensa kontak pada mata

Efek samping dan bahaya lensa kontak pada mata



Lensa kontak, lensa kontak serta kaca mata umum memiliki manfaat yang sama, keduanya adalah alat bantu pandangan, cuma saja cara pemakaiannya yang tidak sama. pemakaian kaca mata saya rasa anda seluruhnya sudah mengetahui, yakni tinggal menggatungkan saja di ke-2 telinga. tidak sama dengan lensa kontak, lensa kontak pemakaianya ditempel dengan cara segera di kornea mata pemakainya.

ada dua type lensa kontak, yakni hard contact lens serta soft contact lens atau yang umum di kenal dengan soft lens. sedikit narasi perihal soft lens serta hard lens :

Awal mulanya, lensa kontak memanglah di buat berbahan yang rigid/kaku, yang sesudah nampak ada softlens, jadi lensa kontak itu kerap dimaksud dengan hard contact lens. Kaca lah material yang digunakan juga sebagai bahan lensa kontak ketika awal dikenalkan, seputar th. 1887. Baru pada seputar th. 1936, plastik mulai dikenalkan juga sebagai bahan pembuatan lensa kontak. Tetapi cuma sisi tepi lensa kontak yang memakai plastik, sedang di bagian zona optiknya (tengah) masih tetap memakai kaca. Pengaplikasian bahan plastik untuk semua sisi lensa kontak baru diawali pada th. 1946. Plastik type PMMA yaitu yang seringkali digunakan.
bahaya lensa kontak
Uji coba pembuatan soft contact lens baru dikerjakan pada akhir – akhir th. 1950 dengan memakai hydroxyethyl methacrylate (HEMA), yakni sejenis bahan polymer yang bisa memiliki kandungan air, yang di buat oleh Dr. Drahoslav Lim. Bahan ini selalu di kembangkan serta masih tetap dipakai juga sebagai bahan softlens sampai saat saat ini.

Softlens, tak lah berposisi juga sebagai pengganti hard contact lens, namun cuma adalah pelengkap kehadiran lensa kontak. Dapat dibuktikan sampai sekarang ini, lensa kontak memiliki bahan rigid/kaku tetap masih di buat, bahkan juga selalu di kembangkan, karena terdapat banyak kelebihan manfaat yang tidak bisa tergantikan oleh lensa kontak lunak/softlens. Satu diantaranya yaitu kekuatan dalam membuat lagi (reforming) kontur permukaan kornea, hingga digunakan dalam sistem orthokeratology untuk menangani myopia enteng. Lensa kontak kaku dapat juga mengeliminasi dampak dari tak ratanya kontur kelengkungan kornea, umpamanya pada masalah astigmatisme irregular yang dikarenakan oleh kontur lengkung kornea yg tidak teratur. Ke-2 hal itu hingga sekarang ini tidak bisa dikerjakan dengan memakai softlens. bersamaan dengan perubahan masa lensa kontak yang dulunya mempunyai tujuan juga sebagai alat bantu pandangan,

seperti yang sudah tercatat diatas, lensa kontak terkecuali juga sebagai alat bantu pandangan juga memiliki kekuatan dalam membuat lagi (reforming) kontur permukaan kornea. namun anda mesti keras hati hati dalam memakai lensa kontak. yaitu hal yang lumrah bila satu aktivitas ada kemungkinan yang baik serta kemungkinan yang jelek. demikian dengan juga pemakaian lensa mata. anda juga mesti hati-hati dengan kemungkinan pemakaian lensa kontak, seperti mara merah, iritasi, masukknya benda asing pada bola mata, serta lain lain.

sangatlah disarankan untuk anda pemakai lensa kontak selalu untuk melindungi kebersihan, lantaran bila tidak bisa menyebabkan permasalahan mata yang cukup serius seperti mata kering, pandangan jadi kabur, gatal sampai kebutaan.

Konsekwensi dari kurang memerhatikan kebersihan lensa kontak benar-benar sangat fatal untuk keadaan mata. Beberapa orang yg tidak bersihkan tangan saat sebelum memakaikan lensa kontak pada mata. Hal semacam ini dapat menyebabkan terjadinya iritasi yang bila dilewatkan dapat jadi infeksi kronis.

Menurut Dr. H. Dwight Cavanagh, seseorang profesor pakar mata dari Southwestern Medical Center, Amerika Serikat dalam tulisannya “Eye and Contact Lens” pada 2003, mengungkap sejumlah 2. 500 pemakai lensa kontak alami “corneal ulcers”. Hal semacam itu berlangsung pada pemakai yang memakai lensa kontak sehari-hari.

Corneal ulcer yakni keadaan di mana ada luka terbuka pada kornea. Hal semacam ini kerap dikarenakan oleh infeksi serta luka kecil atau goresan yang dapat berlangsung disebabkan pemakaian lensa kontak yang kurang hati-hati.

Tanda-tanda yang muncul umumnya produksi air mata yang bertambah, peka pada sinar, pandangan jadi kabur, gatal serta nyeri. Bila tanda-tanda itu dilewatkan serta tak dikerjakan perawatan intensif dapat menyebabkan terjadinya kebutaan.

artikel ini di buat bukanlah untuk bikin anda takut memakai lensa kontak, namun mempunyai tujuan supaya anda beberapa pemakai lensa kontak supaya lebih berhati hati serta lebih melindungi kebersihan

0 Response to "Efek samping dan bahaya lensa kontak pada mata"

Posting Komentar

wdcfawqafwef